Wednesday, September 21, 2016

ITB Part 3 - Cara Lulus Tahun Pertama Bersama TPB FTTM ITB (How to survive + Tips and Trik)

Hari ini aku mau cerita bagaimana caranya aku bisa survive TPB di FTTM ITB sehingga bisa masuk jurusan Teknik Perminyakan.



FYI, pada saat jamanku TPB, yaitu tahun 2012/2013, Teknik Perminyakan menduduki peringkat 1 paling diminati di FTTM karna waktu itu harga minyak masih tinggi dan banyaknya peluang bekerja di industri migas.

Saat aku masuk TPB, targetku dari awal sebenernya ada 2, yaitu kalo ga masuk Teknik Perminyakan ya Teknik Pertambangan lah. Karna pada masa itu aku ga terlalu tau banyak jurusan teknik Metalurgi dan teknik Geofisika.

Dan pada masaku juga, melihat kaka-kaka 2011 yang baru selesai penjurusan, ternyata peringkat 1 itu Teknik Perminyakan dan peringkat 2 Teknik Pertambangan.

Well, melihat dari kemampuanku yang ga jago fisika, sepertinya bakal sulit nih melewati TPB untuk penjurusan. Targetnya itu loohhhh, target sejuta umaattt. Persaingan ketat coyyy lawan anak FTTM lainnya. Belum lagi sama anak SNMPTN Tulis yang terkenal sangaaatttt pintar.

Tapi ternyata setelah melalui masa TPB selama 1 tahun, nilai rapotku ga mengecewakan ko. Dari mulai pengumuman IP semester 1 aku udah mulai yakin bakalan bisa masuk Teknik Perminyakan.

LAH KO BISA? KATANYA AKU GABISA FISIKA KAN? ITB KAN FISIKANYA SUSAH BANGET GITUUUU.......

(sumber gambar: http://www.fttm.itb.ac.id/?page_id=112)

Jadi, untuk melewati mata kuliah TPB diatas, ada tips and trik nya sodara-sodara sekalian.

1. Kalo ga bisa-bisa banget matematika/kalkulus, fisika, dan kimia, gausah menargetkan A, tapi  AB aja yaa
2. Usahakan dapat nilai A di mata kuliah lain selain yang di poin 1. Soalnya Olahraga, Bahasa Inggris, Karya Tulis Ilmiah, KPIP, SAS, dan PTSB itu insyaAllah bisa aku bilang mudah asal kalian sering masuk, absen, ikut kuis, tes, UTS, dan UAS. Paling-paling aku agak kesulitan sedikit di PTI sih hehehe soalnya aku gaptek.
3. Rajin-rajin ikut praktikum fisika dan kimia, jangan sampe kelewatan ngumpulin laporannya yaa
4. Selalu belajar dari buku-buku latihan soal TPB berikut:
(Bundel Soal Gamais)

(Soal dan Pembahasan buatan Himpunan Fisika dan Matematika ITB)

5. Kalau kalian suka buku, gausah beli, di perpus pusat banyak kooo. Tapi usahakan pinjem jauh hari sebelum UTS atau UAS, karna saat itu sudah ludes semua dipinjem mahasiswa TPB

Buku yang PENTING untuk TPB:
1. Fisika = Haliday
2. Kalkulus = Purcell
3. Kimia = Brady

Tapi yang JITU buat saya yaitu:
SLIDE PRESENTASI DOSEN DI KELAS UNTUK MATA KULIAH APAPUN HEHEHE

(Soalnya saya malas baca buku, jadi cuma pakai slide dan buku latihan soal aja, btw ini jelek yaa, jangan ditiru terutama bagi kalian yang suka konsep pelajaran)

6. Poin ini merupakan POIN terjitu untuk ngerti pelajaran TPB:

LES PRIVAT TPB

Les ini biasanya banyak diminati oleh mahasiswa baru dari kalangan Bandung dan Jakarta saja dikarenakan sudah biasa les dari jaman SMP dan SMA. Setau saya sih kalau anak Jawa atau daerah lain itu biasa belajar sendiri.
Saya akui anak-anak yang biasa belajar sendiri dari SD atau SMP itu keren.

Oh ya, harganya mayan mahal, jadi kalau kalian mau les, cari tau dulu mana yang termurah diantara yang mahal itu.

Pastikan yang mengajar adalah betul-betul mahasiswa ITB yaaa.


7. Sebisa mungkin kalian minta file-file pelajaran ke kaka tingkat kalian di SMA


Karna insyaAllah bakal berguna banget. Apalagi kalo ada PR dan Tugas bekas kaka tingkat kalian. Kemungkinan bisa dijadikan referensi bagi kalian.

REFERENSI YAA. BUKAN DICONTEK!

Karna kalau ketauan nyontek mati aja deh, ngulang nanti TPB nya.

8. Pastikan kalian mempunyai teman dekat, karna kalau ga ada teman dekat kalian kemungkinan besar telat untuk tau info-info kelas dan ga ada teman untuk belajar bareng mendekati UTS dan UAS

(dari kiri ke kanan: Riri, Atin, Ratu, dan Dani)

Sekian tips and trik melalui masa TPB ITB agar bisa masuk jurusan favorit kalian.

InsyaAllah jika diikuti bakal dapat IP yang tidak mengecewakan.

Oh ya, kalau IP>3.5 bakal dapat sertifikat penghargaan dari dekan loh, dan kalau IP=4 dapat sertifikat yang berbeda serta uang sebesar Rp. 500.000

Namun sayang IP saya tidak pernah 4 sodara-sodara sekalian hehehe


Sebenarnya tidak ada tantangan yang begitu berat selain fisika di TPB ITB menurut saya.

Karna kelemahan saya disana.

Semua orang pasti punya kelemahan yang berbeda bukan?

Yang terpenting adalah bagaimana cara berusaha keras melawan kelemahan kita tersebut untuk menjadi seseorang yang berhasil.

Saya pun  begitu, saya belajar giat dalam mata pelajaran Fisika tersebut, namun alhamdulillah kerja keras saya terbayarkan.

Bagi sebagian besar mahasiswa ITB, masa TPB adalah masa paling bahagia.

Dan saya membenarkan hal itu.

Perjalanan saya sebagai mahasiswa mulai terasa berat saat saya memasuki masa jurusan.

Dan untuk hal ini akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

Sekian pos blog hari ini :)

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------


Berikut tambahan saja, nanti di semua fakultas ITB bakal disuruh bikin jaket angkatan oleh kaka-kaka himpunan, biasanya di semester 2.

Ini berarti kalian udah mau mulai OSJUR

Jaket Angkatan adalah identitas kalian biar bisa diketahui oleh kaka-kaka himpunan bahwa kalian adalah mahasiswa TPB Fakultas XXXX (Isi sesuai fakultas kalian hehe)

GOOD LUCK, SELAMAT BELAJAR



4 comments:

  1. kak kalo mau beli fisika haliday sama kimia brady dimana ya? thx :)

    ReplyDelete
  2. oiya kak sebaiknya beli buku haliday sama brady-nya yang seri bahasa inggris atau indonesia ya?

    ReplyDelete